Yunita Kirnawati

Guru SMA Negeri 1 Tanjungpinang Kepulauan Riau...

Selengkapnya
Navigasi Web

SUKSES

Tantangan hari kelima

#TantanganGursiana

Suatu hari di suatu tempat,

X: Hai... baru kelihatan. Kemana aja?

Y: Halo kakak. Iya nih kak, saya baru pulang dari Kalimantan

X: Eh! Jauh kalipun kau merantau. Sudah sukses lah ya

Y: Ah kakak bisa aj. Biasa aja kok

X: Ah ngomong sukses susah kalipun kau ini. Sudah sukses lah itu. Jauh-jauh ke Kalimantan, pulang naik pesawat. Masak kek gitu kau bilang biasa. Macam mana lah kau ini.

Y:......... ( sambil membatin, “apa ada yang salah ya dengan omongan saya?”)

Begitulah sekelumit obrolan antara dua sahabat yang sudah lama tidak bertemu.

Yang akan dibahas hari ini adalah makna kata SUKSES.

Sering orang mendefenisikan sukses adalah banyak uang, punya mobil keren, punya rumah mewah, bergaya perlente, atau sejenisnya. Jika memiliki harta yang banyak berarti sukses. Jika punya kedudukan yang menghasilkan banyak uang berarti sukses. Jika punya banyak anak buah berarti sukses. Berbeda dengan keadaan atau anggapan sukses terhadap sebuah keluarga sederhana dengan pengasilan kepala keluarga pas-pasan, istrinya seorang ibu rumah tangga namun tiga anaknya tamat sekolah menengah dengan nilai memuaskan dan langsung mendapat kerja. Banyak orang lupa bahwa ukuran sukses tidak sesempit itu.

Seseorang yang mampu mengatasi permasalahan hidup dengan sabar dan berbesar hati bisa dikategorikan orang sukses. Ia sukses keluar dari masalah yang membelitnya. Seorang ibu yang membiayai hidup anak – anaknya seorang diri karena suaminya meninggal hingga anak-anaknya menyelesaikan pendidikan bisa dikategorikan orang sukses. Seorang anak yang prestasi sekolahnya biasa saja hingga tamat namun tidak pernah bermasalah, orang tuanya bisa dikatakan sukses karena mampu mendampingi dan mengawasi anaknya agar tidak terjerumus pada pergaulan yang menyesatkan. Seorang pria berusia sekitar tiga puluh lima tahun yang mengalami kecelakaan hingga kedua kakinya harus diamputasi pada tahun 2012 lalu, saat ini sudah bisa hidup tenang karena ia sukses menata hati dan menggali kemampuan yang bisa dilakukan tanpa dibebankan pada kaki. Dan masih banyak contoh positif lainnya.

Jadi makna kata sukses itu universal. Sebagai pribadi sebaiknya orang mulai merubah sudut pandang dan cara berpikir untuk lebih posistif sehingga hidup tidak melulu diisi oleh keluhan. Jika pikiran positif bisa digali, hidup akan terasa nikmat. Demikianlah sudut opini ini. Semoga bermanfaat. Tetaplah berfikiran posisif karena kita adalah manusia sukses. Salam SUKSES !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post